Loading...
Loading...

Cara Menabung Dan Mengelola Keuangan Di Usia Muda Untuk Berhemat

Ada banyak cara untuk menabung di usia muda, saat usia muda media memang sangat rentan terhadap pergaulan bebas dan hura-hura, banyak anak muda mengamburkan uang nya tanpa arah yang jelas hanya untuk gaya hidup membeli sesuatu yang tidak perlu dan menghabiskan uang dengan tidak sesuai kebutuhan.

Saat usia muda harusnya bukan menjadi alasan untuk menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu, oleh sebab itu mulai sekarang anda harus pintar mengatur keuangan dengan cara menabung di usia muda agar kelak di usia tua anda terbiasa dengan hidup sederhana.

Jangan pernah beranggapan bahwa di usia muda dengan gaji minimum tidak perlu nabung, itu adalah sebuah kesalahan besar, buang jauh jauh anggapan seperti itu. Menabung adalah investasi awal untuk mempersiapkan masa depan dengan agar lebih terjamin dan baik.

Ada banyak keuntungan menabung sejak muda terlebih disaat uang seadanya, tidak lain untuk membentuk kebiasaan disaat anda sudah memiliki banyak penghasilan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan dengan menabung :

1. Hentikan hidup "mewah"

hidup mewah
Hidup mewah ( Image credit: Shutterstock | Enhanced by Entrepreneur)

Kehidupan remaja di usia muda memang rentan terhadap hal-hal yang bersifat foya-foya yang pada akhirnya membuat uang/ gaji cepat habis tanpa disadari.

Cara menabung di usia muda hal paling dasar untuk dilakukan adalah segera hentikan hidup "mewah" yang dapat menghabiskan uang anda dalam sekejap, tinggalkan kebiasaan nongkrong dengan teman-teman sekiranya tidak perlu, cukup nongrong disaat yang tepat seperti dihari libur atau sebulan sekali.

Hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan jika untuk sekedar untuk gaya, gunakan uang dengan sebaik mungkin membeli barang yang diperlukan, sisanya bisa tabung.

2. Tingkatkan pemasukan atau mengurangi pengeluaran

Menabung di usia muda
Menabung di usia muda ( Jamie Grill/Getty Images )

Hemat bukan berarti sampai menahan segala hal, walaupun gaji minim anda juga harus tetap bisa mengatur pengeluaran, jika memang beban biaya hidup terlanjur terlalu banyak tidak ada cara lain selain memang harus meningkatkan pemasukan seperti dengan berkerja sampingan agar bisa mencukup biaya hidup.

Namun jika memang pengeluaran bisa ditekan itu lebih baik lagi, dengan begitu anda tidak perlu mencari pekerjaan sampingan seperti bisnis online. Selain online, anda juga bisa mencari uang tambahan dengan cara jualan es pemasukan nya lumayan loh.

3. Jangan pernah berhutang

berhenti berhutang
berhenti berhutang ( erhui1979/Getty Images )
Nah di poin inilah banyak orang yang terjebak hingga ada yang stress, terjun kedunia perhutangan sama dengan anda berdiri di tepi jurang yang suatu saat mmebuat anda terjatuh akibat tanpa sadar terlalu banyak hutang hingga semua gaji yang diterima habis membayar hutang.

Jika anda ingin berhemat maka langkah wajib dilakukan adalah berhenti untuk berhutang, berhenti berpikir bahwa hutang akan ditutup saat gajian, itu sama saja anda menjebak diri sendiri. Hutang seperti candu, semakin hari terasa semakin enak hingga tanpa sadar uang yang diterima sudah tidak cukup untuk untuk menabung.

Dengan membiasakan diri tidak berhutang maka keuangan anda bisa stabil.

4. Membuat rekening khusus

Cara menabung di usia muda
Cara menabung di usia muda ( sumber gambar IDNTimes.com )

Cara paling jitu untuk menabung adalah dengan membuat tabungan rekening khusus yang terpisah dengan rekening sehari-hari. Buka tabungan baru, setiap terima gaji sisihkan beberapa persen untuk tabung direkening khusus yang tidak bisa diambil sesuka hati. Pastikan uang yang akan ditabung setelah menghitung kira-kira berapa biaya hidup sehari-hari.

Paksakan diri untuk membuka tabungan rekening baru dan jangan pernah berpikir untuk mengambilnya kecuali disaat terdesak. Sedangkan untuk sehari-hari anda bisa simpan uang di talam tabungan yang biasa digunakan. Hal itu secara tidak langsung memaksa kita untuk menabung.

5. Pintar-pintarlah membedakan mana kebutuhan dan yang mana keinginan

Pintar-pintarlah membedakan mana kebutuhan dan yang mana keinginan
Tim Robberts / Getty Images

Keinginan dan kebutuhan sesuatu yang sangat berbeda, kebutuhan memang harus di sediakan sedangkan keinginan tidak terlalu perlu untuk disediakan. Kebutuhan seperti bahan pokok, peralatan rumah tangga, sedangkan keinginan seperti rokok.

Hal yang sangat berbeda tapi dizaman sekarang hampir memiliki kesamaan. Kita seringkali tidak sadar apakah pengeluaran yang kita lakukan adalah sebuah kebutuhan atau hanya sebuah keinginan.

Di awal bulan tentukan dulu mana yang lebih diutamakan dan mana yang sekira nya tidak terlalu diperlukan yang bertujuan untuk menekan anggaran keluar sehingga sisanya bisa ditabung.

6. Mulai biasakan membuat anggaran pengeluaran

ara Menabung Dan Mengelola Keuangan Di Usia Muda
Pintar mengelola keuangan ( sumber gambar : Shutterstock )
Biasakan mulai saat ini membuat daftar anggaran pengeluaran yang akan dilakukan selama 1 bulan kedepan, anda bisa menebak-nebak pengeluaran yang wajib bulan ini dan yang tidak terlalu penting sehingga coret anggaran yang tidak perlu, habiskan uang mu untuk pengeluaran wajib, selebihnya sisihkan.

7. Fokus pada berapa pendapatan bukan pada gaya hidup

Cara Menabung Dan Mengelola Keuangan Di Usia Muda Untuk Berhemat
Tampil gaya ( sumber gambar : thebalance.com )
Ingatlah berapa pendapatan anda perbulan dan bandingkan dengan berapa harga pakaian yang anda beli apakah sebanding? jangan sampai pendapatan perbulan 2 juta tetapi harga pakaian anda bisa mencapai 5 ratus ribu perlembar, untuk membeli pakaian 2 lembar saja sudah hampir habis.

Gunakan belanja dengan seperlunya, sekiranya bisa membeli pakaian murah asal tidak murahan kenapa tidak?

8. Paksa Menabung diawal bulan

Paksa menabung ( Sumber gambar : entrepreneur.com )
Maksudnya? jika anda takut gaji habis tidak menentu, sebaiknya paksa buat menabung di awal bulan, sisihkan 30% uang ditabungan khusus yang telah dijelaskan diatas, dengan begitu sisanya bisa anda gunakan sesuka hati yang terpenting anda sudah menabung diawal bulan.

9. Investasi

Investasi masa depan
Investasi masa depan ( sumber : Katie Edwards / Getty Images )
Jika anda takut tidak bisa menabung padahal sudah menggunakan tabungan khusus serta sudah berusaha menekan pengeluaran tapi hasilnya tetap saja uang habis tidak menentu, baiknya anda mulai memikirkan investasi agar uang tidak habis dengan sia-sia.

Ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk menabung dan mengelola keungan di usia muda, kami kira poin diatas sudah cukup untuk mewakili cara menabung dan mengelola keuangan usia muda.


......

Loading...
.
=======> [ Close ] ========